Lebih Baik Mencicil Dalam Jangka Waktu Lebih Lama Daripada Memaksakan Diri

Selamat Siang Planners,

Pada umumnya kesulitan keuangan terjadi karena 2 hal, yaitu penurunan atau hilangnya penghasilan dan atau besarnya atau meningkatnya cicilan atau hutang yang harus dibayarkan.

Apabila terjadi penurunan penghasilan, pastilah seseorang akan berusaha semaksimal mungkin dengan berbagai cara untuk mendapatkan penghasilan baru dan atau mengurangi pengeluaran yang dirasa tidak terlalu penting. Namun apabila cicilan meningkat, maka yang bisa dilakukan adalah meningkatkan penghasilan, mengurangi pengeluaran dan atau terpaksa mencari sumber pembiayaan baru untuk melunasi cicilan yang sudah hampir jatuh tempo. Akan tetapi dengan menambah sumber pembiayaan artinya Anda menambah cicilan atau hutang yang baru.

Agar tidak terjadi kondisi demikian, maka disarankan agar alokasi cicilan Anda maksimal hanya 35 % dari penghasilan. Jangan memaksakan diri dengan mengambil cicilan lebih tinggi dengan tujuan agar jangka waktu lebih pendek. Lebih baik Anda mengambil jangka waktu lebih panjang agar jumlah cicilan lebih kecil. Kemudian apabila dirasakan uang tabungan yang Anda kumpulkan tidak ada alokasi penggunaannya, maka secara bertahap Anda dapat melakukan pelunasan hutang tersebut sekaligus dengan nominal tertentu.

Dengan demikian Anda akan terhindar dari kemungkinan kesulitan keuangan dibandingkan dengan yang mengambil cicilan langsung dalam jumlah besar.

Semoga Bermanfaat

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: