Tanyakan Hal Ini Pada Calon Pasangan Anda Sebelum Menikah

Selamat siang planners..

Sebelum menikah, tidak ada salahnya loh jika Anda membicarakan tentang masalah keuangan bersama pasangan, bahkan ini sangat dianjurkan agar Anda mengetahui pandangan pasangan terhadap masalah keuangan, cara mengelola keuangan, dan rencana keuangan kedepannya setelah membentuk keluarga.

Membicarakan uang tidak seharusnya menjadi masalah, lakukan dengan santai, terbuka, dan jujur. Pertanyaan yang Anda ajukan kepada calon pasangan pun dapat berupa pertanyaan yang simple maupun pertanyaan yang lebih mendetail, tergantung kenyamanan masing-masing pihak. Ini dilakukan karena pernikahan merupakan gerbang menuju kehidupan baru yang penuh dengan kejutan-kejutan baru, baik itu kejutan yang menyenangkan seperti kelahiran anak, membeli rumah baru, mobil baru, dsb, maupun kejutan yang menyedihkan seperti sakit, dsb. Kita mempersiapkan semuanya untuk menghadapi itu semua.

Dalam bertanya pun jangan lupa untuk melakukannya secara proporsional, misalnya jika Anda sebagai calon istri bertanya “Sanggupkah kau menafkahiku?, maka Anda pun harus dapat menerima jika calon suami Anda bertanya “Sanggupkah hidup sederhana denganku?”.

Jangan lupa pula untuk menggunakan bahasa yang baik, karena kita tahu bahwa membicarakan keuangan mengandung muatan emosional yang banyak.

Berikut beberapa topik tentang keuangan yang dapat ditanyakan kepada calon pasangan Anda :

  1. Apa arti kekayaan untukmu?
  2. Uang biasanya dibelanjakan untuk apa saja?
  3. Bagaimana menabung yang selama ini dilakukan?
  4. Apakah setelah menikah akan ada perubahan dalam cara mengelola keuangan dibanding sebelum menikah?
  5. Apakah saat ini memiliki hutang? Berapa jumlah dan bagaimana cara melunasinya?
  6. Apakah menggunakan kartu kredit?
  7. Saat kelak membeli rumah, apakah dapat menerima bahwa mungkin harus menggunakan fasilitas bank? Jika tidak, bagaimana rencananya?
  8. Apa yang diharapkan dari pasangan dalam hal keuangan?
  9. Apa tanggung jawab keuangan dalam pernikahan kelak?
  10. Apakah istri diizinkan untuk bekerja?
  11. Saat istri bekerja, bagaimana keluarga dengan 2 penghasilan akana mengatur keuangannya?
  12. Apakah selama ini melakukan pencatatan atau anggaran dalam mengelola keuangan?
  13. Apakah ada tanggung jawab keuangan yang harus ditunaikan di luar keluarga inti? Misalnya kepada orang tua, saudara, atau yang lainnya.
  14. Bagaimana pandangan tentang asuransi?

Semoga 14 pertanyaan tersebut dapat memberikan ide kira-kira pertanyaan apa saja yang dapat diajukan kepada calon suami/istri Anda.

Selamat bertanya..

Dikutip dari : www.youtube.com “Tips Persiapan Pra Nikah (Pre Wedding) : Pertanyaan Keuangan”

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: