Tahapan Melakukan Perencanaan Keuangan (2)

Siang Planners,

Kemarin Kita telah bahas mengenai Rumah Finansial. Penyusunan Perencanaan Keuangan juga ibarat rumah, Kita perlu siapkan pondasi yang cocok dahulu, sebelum membangun rumah diatasnya. Pondasi ini tidak boleh terlalu kecil, karena bila kekecilan, maka lama-kelamaan rumah diatasnya akan runtuh. Sebaliknya, pondasi juga jangan terlalu berlebihan, siapkan sesuai dengan rencana jangka menengah mauoun panjang, rumah tersebut akan dibangun sampai sebatas apa. Daripada membangun pondasi yang berlebihan, lebih baik kelebihannya itu digunakan untuk memperbagus isi rumah/tiang maupun atap rumah.

Pondasi rumah apakah yang dimaksud dalam perencanaan keuangan? Pondasi tersebut adalah penghasilan serta jaminan tersedianya penghasilan sampai rencana batas usia kerja, dan asuransi jiwa maupun kesehatan. Besarnya pondasi melambangkan jumlah penghasilan serta jaminan penghasilannya, dan uang pertanggungan jiwa maupun kesehatan.

Bila Anda yang merasa sudah memiliki semua itu, Kami ucapkan selamat, namun jangan lupa dilihat kembali besar nya berapa? Apakah sudah cukup menopang rumah finansial Anda? Penilaian ini harus ditinjau dari beberapa aspek, mintalah bantuan konsultan perencana keuangan yang Anda percayai. Penting pula untuk selalu meninjau kembali secara berkala mengenai besarnya pondasi ini, mengingat kebutuhan manusia selalu berubah yang mana seringnya makin bertambah..

Setelah memiliki pondasi yang baik, maka baru Anda berpikir mengenai pembangunan tiang rumah Anda. Simak kelanjutannya besok siang.

Salam Perencanaan

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: