Tahapan Melakukan Perencanaan Keuangan (5)

Selamat Siang Planners,

Kemarin Kita telah membahas sekilas tentang perencanaan dana pensiun sebagai salah satu pilar rumah finansial. Apa saja komponen yang perlu Kita ketahui untuk mendapatkan besar dana pensiun yang lebih akurat?

Pertama, Anda perlu tetapkan pada usia berapakah Anda mau pensiun atau dipensiunkan dari perusahaan tempat Anda bekerja. Dari data ini Kita bisa dapatkan berapa lama masa Anda bekerja mencari nafkah, dan berapa lama masa pensiun Anda (dengan asumsi usia meninggal rata-rata 75 tahun).

Kedua, Anda tetapkan kondisi pensiun seperti apa yang Anda harapkan? Apakah lebih baik dibandingkan saat ini atau sama atau lebih sederhana.

Ketiga, asumsikan saat ini Anda sudah memasuki masa pensiun. Gambarkanlah kebutuhan apa saja yang Anda butuhkan saat pensiun kelak. Misalnya : biaya pangan dan sandang, asisten di rumah, biaya pemeliharaan rumah seperti listrik, air, telefon, renovasi berkala, hobi yang baru, dan lain-lain. Setelah Anda dapatkan apa saja kebutuhan Anda saat masa pensiun, maka konversikan berapa harga semua kebutuhan tersebut di masa sekarang dalam tiap bulannya.

Keempat, tetapkan berapa besar kenaikan harga per tahun (inflasi). Anda dapat menggunakan angka inflasi yang diumumkan oleh pemerintah, atau berdasarkan realita kenaikan harga barang yang Anda jumpai dari waktu ke waktu, atau kombinasi keduanya.

Kelima, hitung berapa besar uang pensiun yang sudah pasti Anda dapatkan, baik dari perusahaan maupun asumsi dari hasil usaha atau investasi Anda. Uang pensiun ini menjadi faktor pengurang jumlah dana pensiun yang seharusnya Anda butuhkan berdasarkan perhitungan kebutuhan dana pensiun.

Itulah langkah-langkah perhitungan dana pensiun. Mari Kita mengitung dengan contoh pada pembahasan esok hari.

Salam Perencanaan

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: