Tahapan Melakukan Perencanaan Keuangan (10/ Akhir)

Selamat Siang Planners,

Siang ini Kita akan bahas tentang kelanjutan komponen Rumah Finansial bagian akhir. Pada pembahasan sebelumnya, Kami sedikit membahas tentang Investasi sebagai atap rumah finansial.

Jenis-jenis investasi apa sajakah dan bagaimana pertimbangannya?

Pemilihan jenis atau instrumen investasi tidak dapat sembarangan. Ada beberapa pertimbangannya. Pertimbangan tersebut telah dibahas kemarin.

Secara umum, investasi dapat dibagi menjadi 2 jenis :

  1. Investasi Riil, merupakan investasi dalam bentuk barang atau benda seperti properti, logam mulia, barang antik atau koleksi yang memiliki nilai jual tinggi, dan lain-lain
  2. Investasi Financial, merupakan investasi dalam bentuk instrumen keuangan. Instrumen ini bisa dibagi menjadi 2 bagian utama, yaitu Pasar Uang dan Pasar Modal (terdiri dari Obligasi dan Saham ataupun Reksa dana).

Perbedaan nyata antara kedua bentuk investasi ini adalah masalah likuiditas, yaitu kemudahan investasi tersebut diuangkan. Investasi riil likuiditasnya relatif rendah. Jadi instrumen tidak dapat dijual langsung sekaligus secara mendadak. Harus ada rencana penjualan sebelumnya, bisa 6 bulan atau bahkan sampai 2 tahun sebelum imvestasi riil ini dicairkan. Misal investasi properti rencana untuk uang kuliah anak. Sekitar 2 tahun sebelum anak masuk kuliah, properti ini sudah mulai dijual. Sebaliknya, investasi financial relatif lebih likuid atau mudah dicairkan sewaktu-waktu.

Bila Kita bicara potensi keuntungan, semuanya sama-sama punya potensi untung besar. Namun Kami menyarankan bila Anda ada kebutuhan tertentu, dan ingin investasi maka pilih lah jenis investasi yang tepat. Investasi riil bagus untuk jangka panjang dan tidak urgen, misal untuk warisan, dan sebagainya. Investasi financial bisa dipakai untuk jangka waktu lebih pendek maupun panjang. Cerita lebih lengkap tentang investasi, dapat Anda temukan dalam pembahasan di halaman khusus investasi.

Salam Perencanaan

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: