Cicilan Rutin Anda

Siang Planners,

Pos pengeluaran selanjutnya yang perlu Anda bayarkan adalah cicilan yang bersifat rutin tiap bulan atau periode tertentu. Cicilan ini meliputi cicilan rumah (KPR), mobil, barang-barang, kartu kredit, dan lain-lain.

Besarnya cicilan ini yang ideal adalah maksimal 30% dari penghasilan bulanan Anda. Bila Anda terbiasa membayar triwulan atau per semester, hitung besarnya cicilan andai Anda bayar per bulan. Jumlahkan seluruh cicilan bulanan Anda. Apakah cicilan Anda masih sehat?

Sangat baik apabila cicilan tersebut sebagian besar adalah cicilan yang produktif, yang nilai barangnya akan terus bertambah seiring dengan waktu, seperti properti atau benda antik dan sebagainya. Sekitar dua per tiga dari keseluruhan cicilan ini yang produktif, atau dengan kata lain cicilan produktif sebesar  20% penghasilan bulanan.

Apabila total cicilan Anda tidak sehat, melebihi batas maksimal, maka cicilan dengan bunga tertinggi secepatnya Anda lunasi dengan cara membayar semaksimal mungkin diatas batas pembayaran minimum bulanan. Cicilan ini biasanya terjadi pada kartu kredit.

Semoga bermanfaat

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: