Dana Darurat dan Simpanan Anda

Siang Planners,

Siang ini Kita lanjutkan pembahasan tentang pos pengeluaran atau alokasi penghasilan Anda tiap bulannya. Setelah pembayaran cicilan rutin dilakukan, selanjutnya adalah sisihkan dan atau periksa saldo dana darurat Anda.

Saldo dana darurat ini idealnya adalah sebesar 6 – 12 kali pengeluaran rutin bulanan Anda. Dana darurat ini disimpan pada instrumen yang dapat diakses 24 jam per hari sepanjang tahun. Berarti yang cocok adalah simpanan dalam bentuk tabungan di Bank. Bila saldonya cukup besar, maka sebagian dapat Anda simpan dalam bentuk deposito yang dapat dicairkan sewaktu-waktu agar ada sedikit tambahan hasil simpanan. Bagaimana bila saat ini Anda belum memiliki dana darurat? Jangan khawatir, segera sisihkan penghasilan Anda 10% tiap bulannya sampai total dana darurat terpenuhi. Begitupula bila dana darurat ini berkurang, maka Anda perlu menambahkan lagi sebanyak maksimal 10% penghasilan bulanan Anda sampai target saldo terpenuhi. Dana darurat digunakan untuk apa? Semua hal yang bentuk nya darurat dan Anda tidak ada persiapan finansial khusus, misal keluarga atau orang tua sakit, rumah ada kerusakan, kendaraan Anda mengalami masalah atau kerusakan, tiba-tiba Anda kehilangan pekerjaan, dan lain-lain.

Setelah dana darurat Anda sudah disisihkan, maka sekarang saat nya Anda menyisihkan untuk simpanan Anda untuk kebutuhan jangka pendek, menengah dan panjang. Ada pepatah yang mengatakan bahwa “kekayaan” seseorang bukanlah ditentukan dari besarnya penghasilan Anda tiap bulannya, melainkan berapa besar Anda bisa simpan atau sisihkan tiap bulannya. Jadi semakin banyak simpanan Anda, tentunya semakin bagus. Namun jangan pula mengorbankan biaya hidup Anda, karena hidup saat ini juga perlu dinikmati. Jadi besarnya alokasi simpanan ini adalah maksimal 30% dari penghasilan bulanan Anda. Secara garis besar Kita bisa bagi 10% untuk kebutuhan jangka pendek, 10% jangka menengah, dan 10% jangka panjang. Sekarang dimanakah atau dalam bentuk apakah simpanan tersebut? Jawabannya adalah TERGANTUNG!!!

Pemilihan bentuk simpanan atau lebih umun dibilang investasi, disesuaikan dengan profil investasi Anda, tujuan kebutuhan Anda dan jangka waktu investasi Anda. Semuanya ini telah Kita bahas pada topik terdahulu. Jadi bentuk simpanan mungkin berbeda antar individu. Namun mungkin ada beberapa hal yang harus sama antar individu karena tidak ada instrumen investasi lainnya yang cocok. Untuk mengetahui investasi mana yang cocok, maka konsultasikan lebih lanjut dengan Kami.

Demikian prioritas pos pengeluaran yang Kami bahas siang ini. Nantikan pembahasan pos pengeluaran selanjutnya besok siang.

Salam Perencanaan

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: