Cara Sederhana Memulai Berinvestasi

Dear Planners,

Pada siang ini Kami kembali membahas mengenai topik investasi.

Beberapa orang yang belum pernah berinvestasi atau masih ragu untuk berinvestasi, mungkin akan banyak bertanya apakah Ia bisa berinvestasi dengan kondisi finansial Ia saat ini? Kapankah waktu atau kondisi ideal untuk dapat berinvestasi?

Kami selalu menyarankan sebaiknya Anda berinvestasi sesuai dengan diri Anda, tidak ikut-ikutan orang lain. Karena untuk berinvestasi banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Baca kembali pada tulisan tetap Kami mengenai investasi [klik disini].

Berikut Kami sampaikan beberapa panduan singkat untuk menentukan apakah Anda dapat berinvestasi saat ini atau nanti, terlepas dari jenis investasi yang cocok bagi Anda. Cara sederhana memulai berinvestasi adalah :

  1. Pastikan keuangan keluarga Anda selalu positif secara konsisten. Artinya setiap bulan selalu ada uang yang dapat ditabung atau tidak digunakan,
  2. Pastikan Anda memiliki dana darurat yang cukup jumlahnya, sebaiknya pada rekening tabungan yang terpisah. Dana darurat ini dimaksudkan bila Anda tiba-tiba berhenti kerja dan belum mendapatkan pekerjaan baru, kendaraan atau tempat tinggal harus diperbaiki, dan sebagainya. Jumlah dana darurat ini disarankan minimal sebesar 6 – 12 kali gaji Anda.
  3. Pastikan pula Anda dan keluarga memiliki jaminan kesehatan seluruh anggota keluarga dan proteksi jiwa yang mencukupi melalui program asuransi jiwa dan kesehatan. Jaminan kesehatan ini penting karena biaya kesehatan yang cukup mahal apalagi di kota-kota besar. Biaya kesehatan ini juga tidak dapat diprediksi besarnya untuk tiap orangnya, karena Kita tidak pernah mengetahui dengan pasti jenis penyakit apa saja yang akan Kita alami selama hidup.

Ketiga komponen tersebut yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan mau berinvestasi. Karena untuk berinvestasi, Anda perlu uang atau modal yang ingin dikembangkan. Jangan sampai Anda memakai uang yang dialokasikan untuk kebutuhan yang sudah pasti seperti uang kebutuhan hidup, pendidikan anak, dana darurat maupun asuransi kesehatan. Bila ternyata pendapatan Anda relatif tidak ada sisa lagi, maka Anda tidak dapat berinvestasi dengan bebas.

Akan tetapi bila ternyata Anda memiliki uang lebih setiap bulannya, maka uang lebih ini yang dapat Anda gunakan untuk berinvestasi. Langkah berikutnya adalah tentukan tujuan investasi Anda dengan uang tersebut, berapa lama tujuan tersebut ingin dicapai. Konsultasikan dengan Perencana Keuangan Anda. Kenali profil risiko investasi Anda [klik disini]. Dengan data-data tersebut, maka akan akan didapatkan jenis investasi yang sesuai dengan tujuan Anda. Sederhana bukan?? Silahkan Anda mulai menganalisa keuangan Anda. Hubungi Kami bila Anda memerlukan bantuan.

Salam Perencanaan dan Investasi…

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: