Perencanaan Dana Warisan berupa Perusahaan

Memiliki perusahaan yang maju dan dapat diwariskan merupakan dambaan setiap orang yang memilih untuk menjadi pengusaha sebagai mata pencahariannya. Namun, seringkali suatu perusahaan dimiliki dan dijalankan oleh beberapa orang investor. Mungkin ketika mereka mulai merintis sampai perusahaan tersebut maju dan berkembang, para investor tersebut memiliki komitmen yang kuat serta visi dan misi yang sama untuk semaksimal mungkin mencurahkan segala daya dan upayanya untuk kemajuan perusahaan.

Namun, pada kenyataannya, mungkinkah perusahaan tersebut akan hancur apabila salah satu dari para investor tersebut ada yang lebih dulu dipanggil oleh Tuhan, sedangkan tidak ada ahli warisnya yang mampu atau pun mau menjalankan perusahaan tersebut sebaik suami atau ayahnya? Bagaimana jika ada ketidakcocokan visi dan misi antara ahli waris dengan investor yang lain sehingga timbul perpecahan di antara para investor? Bagaimana jika si ahli waris menolak untuk menggantikan ayahnya menjalankan perusahaan tersebut karena dia merasa tidak berkompeten atau tertarik pada bisnis tersebut?

Melalui perencanaan keuangan yang tepat, masalah di atas dapat diatasi dengan mudah. Salah satunya adalah dengan membuka polis asuransi jiwa atas nama masing-masing investor sebagai tertanggung utama, dengan jumlah uang pertanggungan yang sama dengan total nilai aset perusahaan. Apabila salah satu dari investor tersebut ada yang meninggal dunia, maka ahli waris berhak memilih untuk terus menjalankan perusahaan atau menerima uang pertanggungan, dengan catatan apabila dia memilih opsi pertama, maka uang pertanggungan menjadi milik perusahaan atau ahli waris lain yang memilih untuk tidak aktif dalam menjalankan perusahaan. Apabila ahli waris tersebut memilih opsi kedua, maka dia hanya akan berlaku sebagai investor pasif yang tidak memiliki kewenangan dalam menjalankan perusahaan.

Contohnya, PT. Makmur Jaya, bergerak di bidang jasa transportasi, dengan total nilai aset tahun ini mencapai 10 Miliar, dimiliki dan dikelola oleh Pak Donny dan Pak Jimmy. Demi kemajuan usaha mereka, keduanya menyadari bahwa apabila salah satu dari mereka ada yang meninggal dunia lebih dahulu, tidak ada ahli waris yang mampu dan mau menjalankan perusahaan itu dengan baik, mengingat anak Pak Donny dua-duanya adalah dokter spesialis yang sibuk praktek di rumah sakit, dan anak Pak Jimmy seorang pilot dengan jam terbang yang padat. Oleh karena itu, keduanya sepakat untuk membuka polis asuransi jiwa dengan uang pertanggungan sebesar Rp. 5 Miliar atas nama masing-masing. Di hadapan notaris keduanya membuat kesepakatan yang berisi ketentuan seperti yang telah disebutkan pada alinea di atas.

Dengan perencanaan seperti ini, perpecahan antara para ahli waris dan investor di dalam perusahaan dapat dihindari dan perusahaan dapat terus berjalan dan berkembang dengan baik. Bagaimana dengan perusahaan Anda? Sudahkah Anda rencanakan sistem pewarisannya? Jika belum, Anda dapat menghubungi kami untuk info lebih lanjut.

Salam Planners

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: