Gagal Ginjal Dapat Membuat Gagal Perencanaan Anda dan Masa Depan Anda

Dear Planners,

Selamat menikmati istirahat siang Anda. Kali ini Kami juga akan membahas mengenai salah satu penyakit kritis yang menjadi pembicaraan hangat karena dampak finansial yang luar biasa. Penyakit yang Kami akan bahas adalah Gagal Ginjal.

Sebenarnya penyakit gagal ginjal itu sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

  • Gagal Ginjal Akut, yaitu terjadi penurunan aliran darah ke ginjal secara tiba-tiba, sehingga produksi air kencing tiba-tiba berkurang,
  • Gagal Ginjal Kronis, yaitu terjadi kerusakan pada ginjal dalam waktu ≥ 3 bulan, ditandai dengan berkurangnya produksi air kencing (< 60  mL/menit/1.73 m2)

Namun Gagal Ginjal yang Kami maksud disini adalah Gagal Ginjal Kronis, karena seringkali orang-orang membiarkan gejala-gejala yang sebenarnya sudah merupakan tanda-tanda kerusakan ginjal. Akhirnya setelah kerusakan semakin lanjut, baru ketahuan yaitu setelah penyakitnya menjadi kronis.

Ginjal manusia ada 2 buah. Bila ada gangguan pada salah satu ginjal, maka orang tersebut cenderung tidak merasakan ada penyakit, mengapa? Karena masih ada ginjal 1 lagi yang bekerja cukup normal. Keluhan akan dirasakan apabila kedua ginjal telah timbul masalah. Namun bila ini sampai terjadi, umumnya sudah terlambat. Penyebab Gagal Ginjal Kronis yang paling sering adalah akibat penyakit kencing manis dan tekanan darah tinggi, terutama yang tidak diobati dengan baik.

Gejala awal penyakit ini umumnya tidak terlalu dirasakan oleh penderita. Namun kadang dapat dijumpai terjadi penurunan nafsu makan dan perasaan kurang sehat. Gejala yang lebih mencurigakan ke arah penyakit ini adalah terdapat penurunan produksi air kencing. Namun apabila gejala ini telah timbul, maka boleh dikatakan sudah terlambat karena penyakitnya sudah pada tahap lanjut. Sehingga deteksi dini yang dapat Kita lakukan adalah dengan memeriksakan diri ke dokter dan dilakukan pemeriksaan laboratorium. Deteksi dini secara rutin disarankan bagi penderita kencing manis dan tekanan darah tinggi, karena mereka sanagt rentan terhadap penyakit gagal ginjal ini. Tindakan pencegahan secara umum yang dapat Anda lakukan untuk memelihara kesehatan ginjal adalah dengan konsumsi air harian yang cukup yaitu sekitar 2 liter/hari, dan biasakan untuk buang air kecil begitu terasa, jangan ditahan-tahan.

Tahap akhir penyakit ini adalah terjadinya gagal ginjal permanen, yang hanya dapat diobati dengan cara cangkok ginjal. Namun selama belum dilakukan cangkok ginjal, maka dilakukan terapi hemodialisa (cuci darah) yang umumnya dilakukan 2 – 3 kali seminggu sampai cangkok ginjal telah dilakukan. Cuci darah ini penting dilakukan, karena fungsi ginjal adalah sebagai tempat pembuangan zat-zat sisa metabolisme tubuh, yang umumnya bersifat racun, sehingga zat-zat ini tidak boleh dibiarkan menumpuk dalam tubuh.

Namun yang perlu diingat, bahwa biaya cuci darah adalah sekitar Rp 600.000 – 1.000.000/kali. Jadi bisa dibayangkan berapa besar biaya yang harus disiapkan untuk terapi cuci darah ini? Jangka waktu terapi juga boleh dikatakan seumur hidup. Jadi sudah pasti penyakit ini akan membuat perencanaan keuangan Anda akan terganggu.

Persiapkanlah pencegahan penyakit ini sejak sekarang dengan cara menjaga kesehatan tubuh, melakukan pemeriksaan rutin ke dokter, dan jangan lupa untuk menyertakan manfaat asuransi penyakit kritis dengan uang pertanggungan yang menjawab kondisi tersebut andai tiba-tiba terjadi.

 

Salam Perencanaan,

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: