Kisah si Elang dan si Ayam

Dear Planners,
Alkisah di atas sebuah bukit, seekor induk elang sedang mengerami telur-telurnya. Ketika induk elang tersebut pergi mencari makan, terjadi gempa sehingga salah satu telur elang tersebut jatuh menggelinding ke sebuah peternakan ayam di kaki bukit tersebut.
Telur tersebut ditemukan oleh seekor induk ayam dan dibawa masuk ke kandang serta dierami layaknya telurnya sendiri. Setelah menetas, anak elang tersebut dipelihara dan dibesarkan dengan penuh kasih sayang oleh sang induk tersebut. Tidak ada perbedaan perlakuan terhadap anak-anak ayam dan elang.
Hari berganti hari, Minggu berganti Minggu, akhirnya anak elang tersebut tumbuh dan hidup sebagaimana ayam-ayam lainnya: makan biji-bijian, berjalan dgn 2 kaki, dan berkokok.
Suatu hari, ketika anak elang tersebut sedang bermain dan mencari makan di ladang, lewatlah sekawanan elang yang terbang melintas di angkasa. Melihat kawanan tersebut, anak elang berdecak kagum dan bergumam, “Wahh… Gagah sekali mereka, bisa terbang di angkasa nan tinggi. Seandainya aku bisa mengepakkan sayapku dan terbang seperti mereka…”
Mendengar gumaman tersebut, anak2 ayam tertawa dan mengejeknya, ” Hahaha… Mana mungkin kamu bisa seperti mereka, kita kan cuma anak ayam. Sayap kita pendek. Gak ada tuh sejarahnya ada ayam yg bisa terbang. Hahaha… Sudahlah gak usah mimpi jadi elang, lebih baik kita teruskan cari makan saja”. Mendengar cemoohan teman-temannya, anak elang menjadi sedih dan pulang ke rumahnya dengan tubuh lunglai.
Esoknya, ketika dia sedang mencari makan di ladang bersama induknya, dia kembali melihat kawanan elang terbang tinggi melintasinya. Kembali si anak elang berkata, “Ibu, aku ingin seperti mereka, terbang tinggi di angkasa.”
Mendengar anaknya berkata seperti itu, induk ayam tertawa dan menjelaskan dengan lembut kepadanya, “Sayang, kita bangsa ayam, sangatlah berbeda dengan bangsa elang. Mereka memiliki sayap yang lebar dan kuat, sehingga bisa terbang tinggi di angkasa. Sedangkan kita, memiliki sayap yg kecil dan pendek. Tidak pernah ada bangsa kita yg dapat terbang tinggi. Jadi, sebaiknya kaukubur keinginanmu yang mustahil itu dalam-dalam, Nak…”
Mendengar penjelasan induknya, anak elang kembali bersedih dan mengubur dalam-dalam keinginannya itu. Setiap kali dia melihat sekawanan elang yg terbang melintasinya, setiap kali itu pula dia memiliki keinginan untuk dapat terbang tinggi di angkasa. Namun, seketika itu juga dia teringat perkataan teman-teman dan ibunya bahwa dia hanyalah seekor ayam yg tak mungkin dapat terbang tinggi, sehingga dia kembali mengubur dalam-dalam impiannya.
Lama-lama, anak elang mulai mempercayai perkataan tersebut dan benar-benar meninggalkan mimpinya untuk dapat terbang tinggi seperti layaknya seekor elang. Akhirnya, anak elang tersebut tumbuh dewasa dan tidak pernah dapat terbang tinggi sampai akhir hayatnya.
Taken from A Tale of The Eagle and the Chicken
Moral lesson:
Dalam menggapai mimpi, selalu ada orang lain yang mencemooh mimpi kita dan mengatakan bahwa mimpi tersebut mustahil untuk direalisasikan. Namun, hendaknya kita jangan terlalu mendengar cemoohan orang tersebut. Setiap diri kita sebenarnya memiliki potensi besar untuk menjadi seekor elang yang gagah perkasa (manusia superhebat), namun karena kita sibuk mendengarkan dan memikirkan perkataan negatif dari orang lain, maka kita hanya dapat tumbuh sebagai ayam (manusia biasa).
Bagi orangtua, hendaknya selalu memberikan support dan sugesti yg positif utk setiap impian anak-anaknya, jangan sampai mimpi besar anak kita mnjadi kandas hanya karena statement-statement yang negatif dari kita sebagai orangtua.
SEMANGATTT…

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: