Post-lebaran Syndrome

Dear Planners,

Mungkin banyak di antara Anda yang juga sebagai ibu rumah tangga, sekarang ini sedang merasakan yang namanya Post-lebaran Syndrome…

Penyakit apa pula itu?? Sebenarnya, Post-lebaran Syndrome itu bukan penyakit, tapi suatu keadaan dimana para ibu rumah tangga yang terbiasa dilayani oleh seorang asisten/pembantu rumah tangga (ART) terpaksa harus kembali mengerjakan segala sesuatunya sendiri karena ART tersebut masih betah di kampung halamannya atau mendadak memutuskan untuk berhenti bekerja secara sepihak, baik karena ingin menikah atau tergiur dengan pekerjaan di tempat lain yang gajinya lebih tinggi. Keadaan ini saya namakan Post-lebaran Syndrome karena hampir setiap tahun fenomena ini terjadi setiap pasca-lebaran, dimana biasanya para ibu rumah tangga harus berjibaku sendiri dengan pekerjaan rumah tangga karena ART mudik ke kampung halamannya masing-masing.

Apabila Anda sekarang sedang mengalami kondisi ini, jangan panik. Hadapi dengan tenang semua pekerjaan rumah tangga yang menumpuk dengan mengerjakannya semampu yang Anda bisa. Selain itu, atur pikiran Anda untuk selalu berpikiran positif bahwa dengan tidak adanya ART pasti ada hikmahnya, seperti membantu program penurunan berat badan, misalnya, karena otomatis Anda harus “berolahraga” mengerjakan semua pekerjaan rumah. Selain itu, pos-pos pengeluaran Anda juga bisa berkurang karena Anda tidak usah menggaji ART lagi. Libatkan seluruh anggota keluarga Anda (suami dan anak-anak) untuk ikut bertanggung jawab mengurus pekerjaan rumah dengan berbagi tugas dengan mereka. Hal ini dapat mempererat ikatan kekeluargaan dan mendidik anak-anak Anda untuk ikut bertanggung jawab dan peduli dengan pekerjaan rumah yang ada.

Demikian tips gawat darurat mengatasi Post-lebaran Syndrome dari kami, Semoga bermanfaat.

Selamat malam, selamat beristirahat, sampai jumpa esok pagi…

Salam Perencanaan

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: