Perencanaan Dana Pernikahan (2)

Siang planners..

Sebelumnya kami telah membahas tentang bagaimana Anda mempersiapkan dana pernikahan sedini mungkin. Sesuaikanlah konsep pernikahan Anda dengan anggaran yang Anda miliki tersebut. Jangan menyelenggarakan pesta yang melebihi kemampuan finansial Anda maupun pasangan, karena kehidupan finansial Anda tidak berhenti hingga acara resepsi selesai, namun justru saat resepsi selesai, itulah fase dimulainya kehidupan finansial Anda bersama pasangan.

Berikut adalah tips yang dapat dilakukan untuk menekan biaya pernikahan :

1.  Pemilihan tempat resepsi.

Anda dapat menyelenggarakan resepsi di rumah untuk menekan biaya sewa gedung.

2.  Gabungkan acara akad dan resepsi.

Dengan cara ini Anda dapat menghemat biaya tata rias dan catering/makanan.

3.  Perencana pernikahan

Menyewa jasa perencana pernikahan tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda dapat merencanakan acara resepsi sendiri. Ini tentu akan menguras banyak tenaga dan pikiran, namun jika Anda ingin menekan biaya pernikahan, ini dapat dilakukan.

4.  Makanan

Biaya untuk menjamu tamu merupakan komponen biaya terbesar dalam acara pernikahahan. Anda dapat meminta keluarga besar maupun tetangga untuk membantu memasak sendiri hidangan untuk menjamu tamu undangan.

5.  Undangan

Sebisa mungkin kirim undangan kepada orang/kerabat yang sudah pasti datang saja. Anda juga dapat memanfaatkan media email maupun jejaring sosial untuk mengundang teman Anda.

6.  Pakaian

Anda dapat menyewa pakaian pengantin beserta perlengkapannya untuk menekan biaya. Jika anda tetap ingin membeli atau membuat sendiri pakaian pernikahan Anda, Anda dapat membeli atau membuat pakaian yang masih dapat dipakai untuk acara/keperluan lain.

7.  Dokumentasi

Anda dapat meminta tolong kepada kerabat untuk mendokumentasikan acara pernikahan Anda.

8. Treatment sebelum pernikahan.

Treatment sebelum pernikahan seperti lulur, pijat, dsb, dapat Anda tiadakan. Akan lebih bijak jika dana tersebut Anda gunakan untuk pemeriksaan kesehatan sebelum menikah, konseling pernikahan, dan/atau konsultasi perencanaan keuangan rumah tangga.

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: