Perencanaan Jaminan Penghasilan Keluarga

Selamat Siang Planners,

Dalam hal perencanaan keuangan, sumber pencari nafkah merupakan asset yang sangat penting. Ia bagaikan mesin ATM yang dapat mengeluarkan uang tiap saat dibutuhkan. Oleh karena itu, orang pencari nafkah dalam sebuah keluarga harus dijaga baik-baik kesehatan, serta kemampuan mencari nafkah.

Dapatkah Anda bayangkan, apabila tiba-tiba mesin ATM tersebut tidak berfungsi, maka tidak ada lagi uang yang dapat dihasilkan. Begitupula badan manusia, sama seperti mesin, dapat mengalami kerusakan kapanpun itu.

Mari Kita pakai contoh,  Bapak Amir merupakan pencari nafkah utama dalam sebuah keluarga dengan 2 orang anak usia 5 dan 3 Tahun. Penghasilan Bapak Amir adalah Rp 20.000.000/bulan. Dengan penghasilan sekian, maka ekonomi dalam rumah tangga tidak akan terganggu, dan setiap orang dapat memenuhi kebutuhan hidup dasarnya. Andaikan tiba-tiba Bapak Amir tiba-tiba terlalu cepat dipanggil oleh Sang Pencipta, maka apa yang akan terjadi dengan keluarga yang ditinggalkan? Bagaimana dengan keadaan istri dan kedua anaknya? Apakah mereka terpaksa harus mencari nafkah?

Jawabannya : bisa jadi seperti itu. Kenapa? Karena saat pencari nafkah tiada, maka penghasilan akan hilang atau sisa sedikit. Terpaksa istri dan mungkin saja anak-anak Anda akan menggantikan posisi Anda dalam hal mencari nafkah supaya kebutuhan hidup dapat terpenuhi. Sebagai kepala keluarga, sudikah Anda membiarkan istri dan mungkin anak-anak Anda harus bekerja membanting tulang menggantikan posisi Anda? Bila tidak mau melihat kondisi seperti ini, maka apa jalan keluarnya?

Disinilah peranan polis asuransi jiwa menjadi sangat penting.. Jadi melihat contoh kasus diatas, maka Uang Pertanggungan (uang meninggal) yang ideal saat ini untuk keluarga Bapak tersebut adalah sebesar Rp 4,8 M. Mengapa? Karena andaikan sesuatu yang buruk menimpa kepala keluarga, maka keluarga yang ditinggalkan akan diberikan sejumlah Uang meninggal senilai Rp 4,8 M. Uang senilai 4,8 M ini selanjutnya dapat disimpan dalam bentuk deposito berjangka, yang dapat diambil tiap bulannya. Bunga dari deposito ini diasumsikan 5%/tahun, sehingga dengan uang 4,8 M ini,  didapatkan bunga perbulannya adalah sebesar 20 juta. Nah uang dari bunga deposito inilah yang akan Kita gunakan, sebagai pengganti penghasilan keluarga walau Kepala Keluarga telah dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Jadi, keluarga yang ditinggalkan tidak perlu repot-repot untuk mencari nafkah.

Dapat Kita lihat bahwa dengan perhitungan yang tepat dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan, maka polis asuransi jiwa sangat berperan penting sebagai jaminan penghasilan keluarga.. Jadi memiliki asuransi jiwa dengan tujuan yang jelas, akan turut membantu perencanaan keuangan Anda dan keluarga.

Selamat Beraktivitas

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: