12 Mitos Menyesatkan tentang Keuangan dan Kesuksesan (5)

Siang Planners,

Apa kabar? Semoga Anda semua diberi keselamatan dan kesehatan oleh Allah SWT aamiin… Pada postingan kali ini kita masih membicarakan tentang 12 mitos salah tentang keuangan dan kesuksesan. Diantaranya adalah:

9, Hutang itu merugikan dan harus dihindari

Pernyataan di atas dapat menjadi benar apabila kita berhutang hanya untuk kebutuhan konsumtif saja. Sedangkan apabila kita sedang membutuhkan dana untuk kebutuhan produktif dengan perhitungan risiko yang matang, ketakukan Anda untuk berhutang akan merupakan ketakutan yang merugikan, karena Anda tidak pernah bisa maju.

Hutang ada yang merugikan ada juga yang menguntungkan. Apabila Anda berhutang untuk kepentingan produktif seperti membeli rumah dengan KPR atau mengambil kredit modal kerja untuk pengembangan usaha, pilihan untuk berhutang akan menjadi pilihan yang tepat, karena kesempatan tidak datang dua kali.

10. Menabung di bank adalah cara terbaik dalam menyimpan uang

Apabila Anda bermaksud menyimpan uang untuk kebutuhan jangka pendek, pernyataan di atas dapat menjadi benar. Namun, apabila Anda bermaksud menyimpan uang dalam jangka waktu yang panjang, menabung di bank dapat menjadi pilihan yang merugikan, karena hasil investasi (bunga) di bank tidak lebih besar daripada tingkat inflasi (kenaikan harga barang) di negara itu. Apabila Anda ingin menabung dalam jangka waktu yang panjang, lebih baik uang Anda diinvestasikan ke dalam saham, reksadana, atau obligasi, yang hasil investasi pertahunnya dapat jauh lebih tinggi daripada bunga bank.

Sebagai contoh, jika menabung di bank, anda mendapat bunga 5% pertahun. Namun, jika dipotong biaya administrasi dan inflasi, sebenarnya uang Anda susut sekitar 1-2% pertahun. Hal ini sangat merugikan, bukan? Oleh karena itu, apabila ingin menyimpan uang dalam jangka waktu yang lama, lebih baik uang itu diinvestasikan ke dalam saham, reksadana, obligasi, atau asuransi.

Demikian pembahasan kami hari ini. Apabila Anda memerlukan penjelasan lebih lanjut, Anda bisa hubungi contact person yang tercantum di sebelah kanan ini.

Salam Planners

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: