Cara Mengelola Dana Pasca Pensiun Dini

Siang planners..

Bagi Anda yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun pegawai swasta dan mengambil keputusan untuk mengambil pensiun dini, setelah mendapatkan dana pensiun nanti, apa rencana Anda?

Ketika menerima uang pensiun, sebagian besar orang akan merasakan suatu emosional berlebih menerima uang lebih besar dari biasanya. Untuk orang-orang yang konsumtif, mereka dapat membelanjakan uang ini secara emosional pula. Padahal uang tersebut adalah bekal bagi Anda dalam melewati masa pensiun nantinya.

Simpanlah sebagian uang sebagai dana darurat, besarnya adalah 3-6 bulan penghasilan Anda ketika bekerja. Sebagian lagi simpan di deposito untuk keperluan jangka pendek, sebagian investasikan di saham, obligasi, properti, atau reksadana untuk keperluan jangka menengah hingga panjang. Jangan lupa kaji ulang asuransi Anda. Semakin tinggi usia Anda, semakin tinggi pula kemungkinan Anda untuk sakit, jangan sampai dana pensiun Anda malah dihabiskan untuk biaya berobat,  alihkan resiko biaya pengobatan ke perusahaan asuransi.

Bagi yang usia pensiunnya masih relatif muda, Anda bisa memulai suatu bisnis atau melakukan pekerjaan ringan.

Namun jika sejak dari usia muda sudah mempersiapkan dan memperhitungkan dengan matang dana pensiun dini Anda, saat pensiun tiba, Anda tinggal menikmati pensiun Anda, tidak lagi harus bekerja, menikmati masa tua Anda bersama cucu, melakukan hobi, jalan-jalan, terlibat dalam kegiatan sosial, dan sebagainya.

Rencanakan masa pensiun Anda dengan baik dan mulailah sejak saat ini..

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: