Sapi vs Kuda

Pagi planners..

Apakah Anda pernah mengamati perbedaan antara seekor sapi dan seekor kuda?

Kehidupan seekor sapi sangatlah susah. Sapi harus menarik beban, diperah susunya, dipotong untuk industri daging, dan bereproduksi untuk meneruskan kelangsungan hidup kelompoknya. Untuk semua usahanya itu, seekor sapi hanya makan rumput. Di akhir hidupnya, sapi-sapi tua dikirim ke tempat pemotongan. Bahkan kulitnya diproses dan dijadikan bahan untuk dibuat tas, dompet, atau produk kulit lainnya.

Seekor kuda juga binatang yang bekerja keras sepanjang hidupnya. Kuda yang baik akan dilatih untuk menjadi kuda pacuan. Kuda pacuan diberi sepatu yang dinamakan tapal kuda. Kuda pacuan juga diberi rumah yang dinamakan istal (kandang kuda). Kuda pacuan hanya mengkonsumsi makanan pilihan berkualitas tinggi. Seekor kuda pacuan yang bagus akan memenangkan banyak kejuaraan di perlombaan pacuan kuda. Kuda itu akan menerima banyak penghargaan dan pengakuan akan hasil kerja kerasnya.

Sekarang, pertanyaannya, jika Anda hanya memiliki 2 pilihan, pilihan pertama adalah menjadi sapi dan pilihan kedua adalah menjadi kuda, mana dari kedua binatang ini yang Anda pilih?

Anda tentu akan memilih menjadi kuda, bukan?

Bekerja keras dan menerima penghargaan atas kerja keras Anda. Berlari kencang dan luar biasa di antara kuda-kuda yang lain. Memenangkan penghargaan dan menerima banyak pengakuan berdasarkan keberhasilan Anda. Pasti banyak orang mau menjalani hidup seperti demikian.

Pertanyaan selanjutnya adalah : Apakah Anda sudah melakukan sesuatu yang membuat Anda berada di posisi “kuda”, bukan posisi “sapi”?

Berikut rahasianya :

Kita semua dilahirkan lebih sebagai seekor kuda, daripada seekor sapi. Tetapi, kita dibesarkan dan dididik untuk berpikir dan bekerja seperti sapi, dibanding kuda. Ketika tiba waktunya kita lulus sekolah dan mandiri secara finansial, banyak dari kita mencari pekerjaan yang stabil dengan bayaran yang baik. Kita secara tidak sadar melakukan persis sama seperti orang lain di sekitar kita. Mengirim surat lamaran ke berbagai perusahaan, melakukan pekerjaan rutin dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Kita melakukan semua ini tanpa menyadari bahwa kita secara tidak sadar memilih hidup seperti sapi, bukan kuda.

Lihat di sekitar Anda dan amati orang-orang yang Anda lihat dan temui setiap harinya. Apakah sebagian besar dari mereka bekerja dengan energi dan motivasi penuh atau apakah mereka hanya menjalani rutinitas dan memiliki pikiran yang membosankan? Hari demi hari mereka “diperah” oleh atasan mereka (pekerjaan berlebihan) dan hanya diberi “rumput” untuk makan (digaji rendah). Dan ketika hari ketidakberuntungan tiba, mereka hanya berharap bahwa mereka bukanlah salah satu yang “dipotong” (di-PHK).

Selagi Anda masih memiliki energi dan waktu, pilihlah hidup seperti kuda.

seorang pelatih kuda yang baik akan selalu mencari kuda-kuda yang potensial untuk dilatih mengikuti perlombaan dan memenangkan kejuaraan. Sama halnya ada mentor/pemotivasi yang baik di luar sana yang secara konstan mencari individu berpotensi dengan janji untuk mengembangkan potensi individu tersebut.

Cari pelatih kuda yang baik, bina hubungan dengan kuda bagus lainnya, lalu ikuti perlombaan dan menangkan kejuaraan.

Dikutip dari Buku “A Gift From A Friend“, Merry Riana, hal : 95-100.

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: