Financial Education (4) : Perencanaan Keuangan Keluarga

Siang planners..

“Saya dan keluarga merasa baik-baik saja, perlu ga sih perencanaan keuangan?”

Jawabannya, tidak perlu, JIKA Anda dan keluarga memiliki simpanan yang tidak akan pernah habis walaupun digunakan terus menerus..

“Selama ini penghasilan kami pas-pasan, apa yang mau direncanakan?”

Justru karena penghasilannya pas-pasan, maka harus diatur dan direncanakan agar uang yang ada tersebut digunakan secara optimal dan dapat mencapai tujuan di masa depan.

Apa saja yang harus diatur dalam perencanaan keuangan keluarga?

Cash flow (aliran dana)keluarga. Coba dihitung apakah pengeluaran keluarga Anda selama ini selalu lebih kecil dari pendapatan Anda? Atau malah justru pengeluaran lebih besar dari penddapatan? Supaya sehat, aliran dana Anda harus positif, artinya masih ada sisa untuk ditabung dan diinvestasikan.

Dana darurat. Dana darurat dibutuhkan untuk keadaan di luar kendali dan perkiraan kita. Misal orang tua sakit, suami tiba-tiba diberhentikan dari pekerjaannya, dana pendidikan anak yang lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya. Berapa besar dana darurat yang harus dipersiapkan? Untuk keluarga kecil dengan 1 anak, dana darurat yang dibutuhkan sebesar 3-4 kali pendapatan Anda per bulan. Semakin banyak anak, maka akan semakin besar pula dana darurat yang dibutuhkan.

Manajemen hutang. Sebaiknya hutang yang keluarga Anda miliki tidak lebih dari 30% penghasilan Anda. Kenapa? Karena Anda tidak ingin kan jika penghasilan Anda tiap bulannya hanya untuk membayar hutang Anda. Selain itu, milikilah hutang yang produktif, misalnya mencicil rumah atau ruko yang nantinya disewakan. Kredit mobil yang digunakan untuk berjualan keliling. Jika terlanjur memiliki hutang berlebih, segera lunasi. Misal jika Anda mendapatkan bonus tahunan, uang lembur, dsb, prioritaskan dulu untuk membayar hutang.

Proteksi. Baik itu proteksi kesehatan, proteksi jiwa, kendaraan, rumah.

  • Asuransi kesehatan diperlukan saat Anda sakit. Biaya berobat kini semakin mahal, apalagi jika berbicara penyakit berat/kritis, biayanya bisa mencapai ratusan bahkan miliaran rupiah. Disini diperlukan proteksi kesehatan agar tabungan keluarga Anda tidak habis hanya untuk membiayai pengobatan. Proteksi jiwa
  • Asuransi jiwa dibutuhkan jika sewaktu-waktu pencari nafkah meninggal dunia. Maka siapa lagi yang akan memberikan nafkah bagi keluarga yang ditinggalkan?
  • Asuransi kendaraan. Perhitungkan jika tiba-tiba kendaraan Anda mengalami kerusakan, berapa biaya yang harus dikeluarkan dibandingkan dengan premi asuransi kendaraan yang Anda bayarkan setiap bulan/tahunnya. Tentunya akan lebih besar biaya perbaikan kendaraan Anda yang rusak bukan?

Tujuan keuangan keluarga. Kebanyakan orang menabung tanpa tahu akan digunakan untuk apa uangnya nanti. Umumnya orang-orang mengatakan “bagaimana nanti saja, jika uangnya sudah terkumpul, mudah mau membeli apa saja”. Pertanyaannya adalah : bagaimana jika ternyata uangnya tidak cukup? Disini dibutuhkan perencanaan.

Sebelum membuat perencanaan, terlebih dahulu Anda harus memiliki tujuan keuangan yang Anda capai. Tujuan keuangan dapat dibuat dari pertanyaan-pertanyaan seperti : kapan mau membeli rumah baru? Kapan akan membeli mobil baru? Anak Anda nantinya akan sekolah/kuliah dimana? Kapan mau naik haji? Dan masih banyak lagi.

Setelah Anda mengetahui tujuan keuangan keluarga Anda, buatlah skala prioritas, mana yang akan lebih dulu dipersiapkan, mana yang bisa diundur, atau bahkan mana yang harus dimajukan. Dari sini Anda mulai dapat melakukan perhitungan berapa yang Anda harus tabung setiap bulannya.

Selamat merencanakan..

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: