Pentingnya Cara Penyimpanan Uang

Selamat Siang Planners,

Apa yang akan Anda lakukan bila ada sisa penghasilan? Kemanakah Anda akan menyimpannya?

Bila sisa penghasilan Anda simpan kedalam dompet, maka hampir dapat dipastikan uang tersebut akan habis terpakai. Jadi cara penyimpanan uang juga sangat penting untuk perencanaan keuangan Anda. Cara penyimpanan sisa uang (setelah dipotong dengan biaya hidup) yang terbaik adalah disesuaikan dengan alokasi tujuan menyimpan uang tersebut. Agar lebih mudah, Anda disarankan untuk membagi tujuan menabung menjadi 3 pos utama yaitu menabung jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Terdapat berbagai macam pilihan tempat Anda menyimpan uang. Namun yang terbaik adalah sesuai dengan tujuan menabung Anda.

Pada pos tabungan jangka pendek, dimana dibutuhkan likuiditas yang sangat tinggi dan kemudahan untuk akses tiap waktu, maka lebih cocok ditempatkan pada instrumen perbankan, yaitu tabungan di bank dan sebagian deposito bulanan. Tabungan jangka pendek ini meliputi semua kebutuhan yang ingin dicapai dalam waktu kurang dari 2 tahun lagi, termasuk dana darurat.

Sedangkan untuk pos tabungan jangka menengah dengan waktu sekitar 2 sampai 10 tahun lagi, maka lebih cocok ditempatkan di instrumen deposito bank atau instRumen investasi dengan jangka waktu kurang dari 10 tahun lagi seperti obligasi, logam mulia, reksadana campuran atau pendapatan tetap.

Pos tabungan jangka panjang dengan waktu diatas 10 tahun, lebih cocok ditempatkan dalam instrumen saham, reksadana saham atau campuran, properti. Perlu diingat bahwa semakin likuid sebuah instrumen investasi, maka Anda akan semakin mudah menjualnya kembali. Investasi riil seperti properti maupun logam mulia memerlukan waktu yang tidak singkat untuk mengubahnya menjadi uang yang likuid. Maka perlu direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya untuk mencairkan investasi tersebut, bisa berhari-hari sampai berbulan-bulan sebelum kebutuhan ada.

Jadi telah jelas bahwa Anda perlu mengetahui berbagai cara penyimpanan uang dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya.

Selamat Berencana

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: