Tahapan Melakukan Perencanaan Keuangan (4)

Siang Planners,

Kemarin Kita telah membahas pentingnya pilar finansial dan salah satu pilar yaitu perencanaan dana pendidikan anak. Hari ini Kita akan membahas salah satu pilar rumah finansial yang penting juga, yaitu mengenai perencanaan dana pensiun.

Mendengar kata-kata pensiun, banyak orang akan mengartikannya berbeda-beda dan pada akhirnya mengambil keputusan untuk pensiun pun bisa berbeda pula. Mari Kita buat kesepakatan bahwa pensiun artinya seseorang sudah tidak lagi bekerja secara aktif untuk mendapatkan penghasilan sebagai sumber nafkahnya. Jadi pensiun bukan berarti berhenti bekerja secara total, hanya istirahat di rumah. Anda dapat terus bekerja tapi hanya sebagai pengisi waktu atau biar tidak jenuh, sebagai hobi, biar tidak cepat pelupa dan sebagainya.

Apakah semua orang pada dasarnya punya kebutuhan akan pensiun? Bagaimana dengan orang yang gila kerja, dimana mereka tetap akan terus bekerja selama pensiunnya?

Jadi pada dasarnya semua orang perlu atau punya kebutuhan pensiun. Mengapa? Karena secara fisik, semakin bertambah usia tentunya berbeda dengan masa muda. Produktivitas kerja pun akan berbeda. Sehingga orang-orang yang sudah berusia lanjut rentan mengalami sakit dan risiko kerja lainnya. Oleh karena itu di hampir semua perusahaan memberlakukan ketentuan pensiun di usia 55 atau 60 tahun. Tentu Anda ingin saat pensiun tidak kerja keras cari uang lagi kan?

Pada dasarnya semua orang ingin punya masa pensiun yang indah. Gaya hidupnya ingin jauh lebih baik dibandingkan dengan saat ini. Apakah ada yang ingin masa pensiunnya lebih buruk kondisinya dibandingkan masa kini? Masa pensiun identik Anda telah memiliki cucu. Masa-masa ini tentu Anda ingin lebih banyak menghabiskan waktu buat cucu dan keluarga. Bila pensiun Anda sejahtera, tentu Anda bisa memberikan kebahagiaan kepada cucu Anda dengan membelikan mainan kesukaannya, ajak jalan-jalan, dan sebagainya. Namun sebaliknya, bila pensiun Anda pas-pas an atau bahkan Anda masih harus berjuang bekerja untuk nafkah hidup Anda dalam masa pensiun, maka apa Anda masih dapat membahagiakan cucu Anda? Atau bahkan cucu Anda berkata “Itu ada kakek atau nenek datang mau minta makan kayanya…?”.. Tentu Anda lebih suka cucu Anda berkata “Hore kakek dan nenek datang, pasti bawa mainan kesukaan saya, mau diajak jalan-jalan..”

Jadi perencanaan dana pensiun Anda setidaknya untuk memastikan pensiun yang seperti mana yang Anda inginkan? Keputusan Anda saat ini, dapat menentukan masa depan Anda dan keluarga. Sehingga perencanaan dana pensiun merupakan salah satu pilar rumah finansial yang penting sekali keberadaannya.

Bagaimana cara menghitung maupun komponen-komponen yang perlu diketahui terkait dengan perencanaan pensiun? Simak kelanjutannya besok siang.

Salam Perencanaan

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: