Pilih Investasi Kecil Secara Berkala Atau Investasi Sekaligus (Lump Sum)?

Siang planners..

Strategi tidak hanya harus dimiliki ketika berperang, dalam berinvestasi pun kita harus memiliki strategi untuk meminimalkan resiko investasi serta memperoleh hasil investasi (return) yang maksimal.

Investasi dapat dilakukan setidaknya dengan 2 cara, yaitu investasi kecil namun berkala setiap bulannya dan investasi sekaligus dalam jumlah besar (dikenal dengan istilah Lump Sum).

Manakah yang lebih baik?

Investasi Lump Sum dilakukan dengan cara menyetor dana dalam jumlah besar di awal investasi dan membiarkan uang naik dan turun mengikuti perkembangan pasar tanpa melakukan tambahan investasi (top up) hingga investor memutuskan untuk mencairkannya.

Investasi Lump Sum efektif memberikan hasil investasi yang baik jika dilakukan pada timing yang tepat, yaitu saat harga NAB (Nilai Aktiva Bersih) sedang turun di posisi terendah sehingga memungkinkan investor memperoleh lebih banyak unit investasi pada harga yang lebih murah. Ketika NAB naik kembali ke posisi semula atau lebih tinggi, maka akan memberikan hasil yang lebih maksimal. Namun NAB terendah tidak selalu dapat diprediksi dengan tepat. Investasi Lump Sum pun memerlukan modal yang cukup besar sehingga kurang cocok untuk investor dengan alokasi investasi yang pas-pasan.

Investasi secara berkala , sekecil apapun jumlahnya setiap bulan lama kelamaan bisa berkembang menjadi jumlah yang besar. Dengan menabung sejumlah uang secara berkala tanpa mempedulikan kondisi pasar yang sedang naik atau turun, investor dapat memperoleh harga rata-rata (average), oleh karena itu investasi jenis ini juga dikenal dengan istilah Dollar Cost Averaging (DCA). Invetasi berkala sebaiknya dilakukan dalam jangka panjang untuk memperoleh hasil yang signifikan.

Kelebihan investasi berkala :

  1. Lebih praktis, karena investor tidak perlu menganalisa pasar untuk menentukan timing yang tepat. Juga dilakukan secara autodebit.
  2. Modal investasi lebih terjangkau sehingga cocok untuk investor dengan alokasi investasi yang pas-pasan.

Jika dilihat, masing-masing strategi investasi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Pilih Yang Mana?

Investasi secara berkala dan investasi Lump Sum sebenarnya bukan merupakan pilihan namun harus saling melengkapi. Saat pasar sedang turun, belilah sejumlah besar produk investasi (Lump Sum) dan secara teratur lakukan investasi berkala. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan hasil investasi yang lebih maksimal.

Selamat berinvestasi..

 

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: