Prinsip Pareto : Aturan 80/20

Pagi planners..

Pada tahun 1906, ahli ekonomi Italia Vilfredo Pareto menciptakan rumus matematika  untuk menjelaskan distribusi kekayaan yang tidak merata di negaranya. Beliau mengamati bahwa 20% populasi memiliki 80% kekayaan yang ada.

Sekarang, jika saya memberi Anda sebuah pertanyaan, apakah Anda mau menjadi bagian dari 20% minoritas yang memiliki 80% kekayaan dunia atau Anda ingin menjadi bagian dari 80% mayoritas populasi dunia yang memiliki hanya 20% dari kekayaan dunia, apa jawaban yang akan Anda pilih? Anda tentu ingin bagian dari 20% minoritas yang memiliki sebagian besar kekayaan dunia, bukan?

Pertanyaan berikutnya adalah : Jika Anda ingin menjadi 20% penduduk kaya dunia ini, apa yang telah Anda lakukan saat ini yang membuat Anda berada di jalur yang benar untuk menjadi bagian dari kelompok 20% itu?

Lihat pada diri Anda sendiri dan lingkungan di sekitar Anda. Apakah Anda melakukan hal yang sama seperti kebanyakan orang? Atau apakah Anda melakukan hal-hal yang berbeda dalam usaha Anda menuju ke 20% populasi yang kaya raya itu?

Jika Anda mendapati diri Anda berada di tempat yang sama dengan kebanyakan dari kelompok 80%, jika Anda masih melakukan hal-hal yang sama seperti yang dikerjakan mereka, bagaimana Anda berharap bisa menjadi kelompok 20% yang minoritas itu?

Untuk mencapai suatu posisi dalam 20% populasi yang memiliki mayoritas kekayaan dunia, Anda harus mengerjakan hal yang berbeda dari apa yang dilakukan oleh mayoritas.

Anda harus mencari tahu bagaimana orang-orang dari kelompok 20% tersebut berpikir, bagaimana mereka berbicara satu sama lain, tindakan apa yang mereka ambil , dan sebagainya.

Singkatnya, Anda harus bergaul dengan orang-orang yang sudah berada pada kelompok atas yang 20% itu.

(Buku A Gift From A Friend, Merry Riana, hal : 92-94)

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: