Financial Education (3) : Bagaimana Mengajari Anak Tentang Uang?

Siang planners..

Rich Martinez, CEO Young Americans Center For Financial Education memberikan tips bagaimana mengajari anak tentang uang, berikut beberapa tips-nya :

Ajarkan anak untuk menabung sedini mungkin. Martinez menyarankan untuk membukakan rekening khusus untuk anak di bank. Kunjungilah bank secara teratur setiap bulannya untuk menabung, walaupun jumlah yang ditabung kecil. Buat goal/tujuan dari menabung mulai dari yang sederhana dan sesuai dengan usia anak. Misal untuk anak yang masih sangat kecil, kita dapat membuat goal menabung berupa membeli beberapa buah permen setelah terkumpul sejumlah uang yang kita tentukan sendiri.  Walaupun sederhana, ini dapat menciptakan kebiasaan menabung bagi anak.

Beri anak sejumlah uang untuk mereka latihan. Martize mengatakan, orang tua tidak dapat mengajarkan uang kepada anaknya, tanpa memberi sang anak sejumlah uang untuk mereka berlatih menggunakannya.

 

Kim McGrigg, Direktur Komunikasi, Junior Achievement-Rocjy Mountain juga memberikan tips untuk mengajari anak tentang uang :

Libatkan anak dalam mengatur keuangan sedini mungkin. Pergilah ke supermarket bersama anak, beritahukan anak tentang harga barang, Anda pun dapat memberikan sejumlah uang kepada anak yang lebih besar dan memintanya untuk membayarkannya kepada kasir.

Berikan contoh. Katakan pada anak bahwa uang digunakan untuk 3 hal, yaitu untuk menabung, untuk membeli keperluan, dan untuk berbagi dengan sesama. Jangan lupa Anda pun sebagai orang tua perlu memberikan contoh dengan melakukan 3 hal tersebut secara seimbang.

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: